LAPORAN BISA DIBAYAR UNTUK DI TUTUP

Pontianak, RM Kepada YTH : Bapak KAPOLRI  Perihal : Permohonan Atensi ( urgent ) sejak 14 maret 2021 dan permohonan pembenahan Kinerja APH d...



Pontianak, RM

Kepada YTH :

Bapak KAPOLRI 

Perihal : Permohonan Atensi ( urgent ) sejak 14 maret 2021 dan permohonan pembenahan Kinerja APH dalam menjalankan fungsi dan tugasnya. Agar kami masyarakat kecil di ayomi dan dibantu mendapatkan keadilan dalam hukum oleh karena kami tidak punya Uang untuk membeli keadilan. 




Tembusan : 

-Kemenkumham 

-Presiden RI Bapak Jokowidodo

-Presiden RI terpilih Bapak Prabowo dan wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. 


Pada tanggal 14 maret 2021 klien saya melaporkan Pengaduan terkait pelanggaran Pasal 242 KuHP kepada Kepala Kepolisian Resort  kota Pontianak, laporan tersebut sempat tidak berjalan beberapa lama namun setelah itu ditindak lanjuti tetapi para terduga pelaku tidak di BAP semuanya berdasarkan informasi yang diberikan oleh oknum penyidik tersebut itu sendiri by chat whatsapp bahwa ada 1 terduga pelaku keterangan palsu diatas sumpah yang tidak di BAP berdasarkan kalimat " Sudah kami ambil keterangannya kecuali bu klemensia " Untuk selanjutnya tunggu saja kabar dari kami ya.." Kemudian setelah itu Pada tanggal 22 maret 2021 kali pertama klien kami mendapat surat pemberitahuan perkembangan hasil penelitian laporan pengaduan,, Setelah itu pada tanggal 17 Mei 2021 klien kami kali kedua kembali menerima surat pemberitahuan perkembangan penyelidikan  yang isinya terlampir , tetapi kami menitik beratkan pada point nomor 3 dimana klien kami diminta untuk melengkapi berita berita acara pemeriksaan sidang yang memuat keterangan saksi dengan menyebutkan alasan persangkaan bahwa keterangan saksi tersebut adalah palsu dan berita acara tersebut ditanda tangani oleh Hakim ketua sidang serta panitera. Permintaan penyidik kepada klien kami pada point ini sangatlah tidak berdasar karena seorang korban yang adalah orang awam diminta untuk mendapatkan surat tersebut dari pengadilan dan diminta untuk memintakan surat tersebut sendiri. Lalu apagunanya penyidik kepolisian tersebut bila mana semua harus di gali sendiri dan didapatkan sendiri oleh korban? Korban memiliki bukti rekaman , memiliki saksi, memiliki bukti terlapor menaikkan ke media, memiliki chat, dan saksi ahli mana yang mengatakan tidak masuk unsur pidana pasal 242 kuhp , karena dilakukan pada persidangan perdata, atau apakah seorang saksi memang diperbolehkan  berkata semaunya atau memberikan keterangan yang tidak sesuai fakta dan kebenaran dalam sidang PERDATA didalam pengadilan ? Seperti yang kita semua ketahui didalam pasal 242 ayat 1 dan ayat 2 tidak ada kalimat bahwa saksi yang memberikan keterangan palsu dalam sidang Perdata tidak terjerat pasal 242 ayat 1 dan Ayat 2 KUHP . 

korban keterangan palsu diatas sumpah yang adalah klien kami mempersilahkan terduga pelaku atau Terlapor untuk membuktikan kebenaran dari tuduhan atas keterangan mereka yang keterangan tersebut diberikan diatas SUMPAH dalam sidang pengadilan.

bilamana tidak dapat dibuktikan kebenarannya artinya jatuhnya Palsu karena dilakukan diatas sumpah didalam sidang pengadilan dan ditambah adalah Fitnah dengan tujuan menjatuhkan nama baik dan dengan maksud diketahui orang banyak. Apapun alasannya klien kami sangat dirugikan dalam hal ini.

Kemudian Disini kita coba bahas apa itu Pengaduan palsu? pengaduan palsu menurut yang kami pahami adalah Pengaduan yang tidak sesuai fakta sesungguhnya yang apabila telah masuk ke pengadilan dalam persidangan maka dapat dikenakan ancaman pidana atas keterangan palsu sebagaimana ketentuan dalam pasal 242 ayat 1 dan ayat 2 KUHP. 

Dasar hukum Sumpah dan keterangan palsu sebagimana diatur dalam pasal 242 ayat 1 dan 2 sudah sangat tegas mengatur hal itu. Seharusnya pada dasarnya saksi adalah orang yang melihat, mendengar atau merasakan langsung adanya suatu kejadian sebagaimana diatur dalam pasal 160 KUHAP bahwa sebelum memberikan keterangan saksi wajib mengucapkan sumpah bahwa ia akan memberikan keterangan yang sebenarnya dan tidak lain daripada yang sebenarnya. Artinya bila saksi memberikan keterangan yang tidak daripada sebenarnya itu adalah palsu. 

Terdapat dua buah unsur yang kami pahami dalam pasal 242 KUHP yaitu :

Unsur Objektif meliputi 

-adanya keterangan diatas sumpah menyatakan bahwa dia akan memberikan keterangan yang sebenarnya. 

-mengadakan akibat hukum. 

- sudah ada keterangan palsu yang diutarakan. 

- berbentuk lisan maupun tulisan. 

Unsur subjektif meliputi 

-dengan sengaja

-adanya kesadaran 

-secara sadar memberikan keterangan palsu. 

Dengan demikian jelas perbuatan terlapor memenuhi unsur keterangan palsu pasal 242 KUHP 


pada 15 juni 2021 terdapat pengakuan langsung dari terduga terlapor  menerangkan bahwa Polisi yang dapat duit dengan laporan laporan yang klien kami adukan. (Bukti terlampir) 

Kemudian daripada itu pada tanggal 27 april 2022 tiba tiba dikeluarkan surat SP3 tentang pemberitahuan perkembangan penyelidikan terkait penghentian penyelidikan yang sangat tidak mendasar oleh karena terduga pelaku saja masih ada 1 orang yang belum di BAP dan saksi saksi  pihak Pelapor juga masih ada 1 orang yang belum di BAP dan terkait saksi juga belum sesuai standar operasional yang seharusnya. Tetapi pihak kepolisian polresta pontianak serta merta mengeluarkan SP3 yang tidak berdasar. Terlebih ada pengakuan terlapor pada tanggal 15 juni 2021 dengan kalimat " Ujung2nya apa? Capek, polisi yang dapat duit. Artinya pada saat itu laporan pengaduan keterangan palsu ini sedang berproses dan setelah adanya pengakuan terduga pelaku atau terlapor serta merta keluarlah SP3 maka kami menilai terindikasi ada suatu permainan dan terindikasi penyalahgunaan wewenang serta terindikasi praktek sogok menyogok untuk menutup sebuah laporan dengan selembar SP3. Artinya terindikasi laporan dapat dibayar untuk di tutup. Sampai kapanpun klien kami tidak dapat menerima ketidakadilan ini. Mohon atensi dari bapak bapak pejabat berwenang. Kami tidak meminta hal lain selain daripada dibuka kembali penyelidikan ini (kami sudah pernah mengirimkan surat kepada kapolesta lama untuk dibuka kembali namun tidak ada perkembangan) bilamana nantinya dapat memenuhi unsur tidak pidana terkait pasal 242 KUHP, kami tidak mau ada mediasi apapun silahkan diproses sesuai hukum dan undang undang yang berlaku di negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena jelas dan tegas pasal 242 KUHP mengatur untuk Pidana keterangan Palsu diatas sumpah.juga sebagai pembelajaran agar para saksi yang memberikan kesaksiannya dipengadilan untuk lebih berpegang pada Hati Nuraninya dalam memberikan setiap keterangan sesuai daripada yang sebenarnya. Dalam keterangan yang diberikan diatas sumpah didalam sidang pengadilan semuanya merupakan tuduhan tuduhan Keji yang tidak pernah klien kami lakukan. Tuduhan keji yang amat sangat menjatuhkan harkat dan martabat klien kami sebagai manusia. Mencederai Hak Asasi manusia termasuk kelima anak anaknya ikut menanggung akibat dari keterangan palsu tersebut. 


Mohon pula Atensi Bapak KAPOLRI terkait laporan yang masih berproses meliputi 

1.Laporan terkait Dugaan Penelantaran Anak tidak pernah memberikan nafkah pendidikan, nafkah tempat tinggal,, nafkah bulanan juga on off dan masih ada tertahan di pihak sang Ayah. Sejatinya seorang ayah adalah pelindung bagi anak dan anak layak mendapat hak haknya sebagai anak karena anak tidak pernah minta dilahirkan. Apapun kondisi orang tua wajib menafkahi dan memberikan hak hak anak. 

2.Laporan terkait dugaan Penggelapan Harta gono gini yang menjadi hak mantan istri yang telah dikuasai,, dirampas, dipindahtangankan sepihak tanpa ijin oleh mantan suami. Suami sejatinya juga melindungi anak istri, bukan malah menjarah hak milik anak istri. 


Nanang Suharto SH.


( Moel Radar Metro )

COMMENTS

Nama

(Lombok Tengah),948,(Praya Tengah,4,5erkini,1,a,1,Abepura,1,abu dhabi,5,Aceh,121,Aceh barat,1,aceh besar,4,Aceh singkil,28,ACEH TENGAH,3,aceh timur,9,Aceh Utara,8,adepura,1,adv,10,Aek Kanopan,3,agam(Sumbar),20,Ambon,4,Amsterdam,1,Amuntai,3,anabas,1,anambas-kepri,16,anjongan,1,ankara,2,ANTERO,1,anyer,1,Artikel,11,asahan,391,ASMAT,1,atambua,1,babakan,2,babel,1,badau(kalbar),5,badung,9,bagansiapiapi,2,bajawa,1,bakaran batu,1,Balai Karangan,2,balai pungut Pinggir,1,balai raja pinggir,2,balangan,1,Bali,42,balige,1,Balikpapan,4,Banda Aceh,35,bandar lampung,115,Bandung,601,bandung barat,14,Banggai,2,Banggai Kepulauan,1,bangka,1,Bangka belitung,8,bangka selatan(babel),27,bangkalan,3,bangkinang,2,banjar,5,Banjarbaru,1,banjarmasin,10,Banjarnegara,2,bantaeng,1,banten,34,bantul,3,Banyumas,5,Banyuwangi,42,bappenas,6,barabai,1,BARABATU PANGKEP,1,Barelang,4,Barito Selatan,4,Barito utama,1,barito utara,14,barru,1,batam,749,batang,168,batas batu,2,BATAVIA,1,Bathin Salopan,16,Bathinsolapan,1,Batu Ampar,4,Batu Panjang Rupat,4,batubara,43,batujajar,1,batukliang utara,1,Batunyala,1,Baturaja,2,beirut,1,bekas,1,Bekasi,130,belawan,38,belitang,2,belitung,4,belu,2,bengkalis,162,bengkayang,124,bengkulu,4,bengkulu utara,7,berastagi,1,BERAU,4,berita terkini,569,Bima,5,binjai,7,bintan,185,Bireuen,176,biru biru,1,bisnis,4,bitung,1,blahbatuh,1,Blitar,7,BLORA,58,Bobong,1,Bogor,106,bojonegoro,1,bolmong,1,Bolmut,2,bondowoso,1218,bone,5,boven digoel,1,boyolali,80,brandan barat,2,Brang Ene(Sumbawa Barat),10,brebes,9,bukit barisan,1,BUKITTINGGI,24,bulukumba,1,BULUNGAN,1,buol,2,Business,1,Calang,1,Catatan RM,2,ciamis,59,cianjar,1,Cianjur,271,cibinong,3,cicalengka,1,cikalong,1,Cikampek,6,Cikarang,7,cikopo,1,cilacap,10,Cilegon,25,cimahi,17,cipali,1,Cirebon,90,cisarua,1,cisolok,1,dabo singkep,6,daera,3,Daerah,291,dairi,2,deiyai,1,Deli Serdang,535,demak,3,Denpasar,30,depok,224,dewan pers,1,DIY,5,dolok sanggul,17,dompu,1,Donggala,42,DPI,2,DPRD Bekasi,28,DPRD Kab. Bekasi,11,DPRD KOTA BEKASI,10,Dubai,6,dumai,28,dumaring,1,Dungun Baru Rupat,1,duri,9,duri barat,1,Duri(Mandau),86,Ekonomi,57,empanang,1,enrekang,1,entikong,71,galang,3,garu,1,Garut,199,Geragai,1,Global,3,Gorontalo,200,Gowa,11,Gresik,31,grobogan,4,Gunung kidul,2,Gunung Meriah,1,gunung puyuh,1,gunung sitoli,3,Halmahera Barat,3,halmahera selatan,1,halmahera tengah,2,halmahera timur,1,Halmahera utara,2,hamparan perak,15,Hateng,1,Health Info,2,Humas Beltim,3,Humbahas,9,Hutan Panjang(Rupat),4,i,1,Indonesia,2,indragiri,1,Indramayu,51,Indrapura,1,informasi,1,INHIL,3,inhu,2,ini,1,intan jaya,20,Internasional,29,itali,1,jabar,42,jabodetabek,1,Jagoi Babang,1,jakara,10,jakarta,3135,jakarta barat,18,jakarta timur,6,jakarta utara,2,jambi,6,Janapria(Lombok Tengah),18,jateng,4,Jatim,7,jatinangor,4,Jawa barat,201,Jawa tengah,9,Jawa Timur,11,Jayapura,48,jayawijaya,2,Jeddah,1,Jember,468,Jembrana,3,Jeneponto,17,Jenggik Utara(Lombok timur),3,Jepara,7,Jogja,1,Johannesburg,1,jombang,2,kab,1,Kab Bandung,72,kab. Bandung,12,Kab. Bekasi,31,Kab. Langkat,326,Kab. Mimika,27,kab. musi rawas,151,Kab. Pekalongan,4,kab. pemalang,7,kab. polman,6,Kab. Seluma,43,kab. Subang,7,Kab. Wajo,5,kab.bandung,41,Kab.Bandung Barat,1,kab.bekasi,14,kab.bengkalis,53,kab.bogor,7,kab.cirebon,12,kab.keerom(Papua),7,kab.kubu,4,kab.kubu raya(kalbar),1985,kab.mimika,4,Kab.Nganjuk,70,kab.pemalang,3,Kab.Semarang,2,kab.sintang,185,kab.Tangerang,3,kab.Tegal,78,Kabar Rohul,2,Kabupaten Bireuen-Aceh,26,Kabupaten Pelalawan,1,kalbar,159,Kalembu Kaha(NTT),1,kalideres,1,kalimantan barat,40,kalimantan selatan,2,kalimantan timur,2,kalimantan utara,1,KALSEL,3,Kalteng,17,Kaltim,10,kaltra,2,kampar,75,Kandangan,1,Kao Teluk,1,KAPUAS,6,Kapuas Hulu,64,karanganyar,3,karangasem,7,Karawang,115,Karimun-Kepulauan Riau,265,karo,2,kasongan,1,Katingan,20,kaur,2,Kayong Utara,30,kayuagung,2,Kebumen,2,kediri,22,Keerom,4,Kementerian PPN/Bappenas,89,kendari,4,KENDARI(SULTRA),38,kenyam,7,kepri,119,keprri,5,Keranji paidang,1,Keruak(Lombok Timur),2,kerumak,1,ketapang,173,kisaran,1,klaten,91,klungkung,8,kolaka,2,kolaka timur,2,kolaka utara,4,Koltim,1,konawe,2,kota bima,1,kota pekalongan,4,Kotabumi,1,kotawaringin barat,1,Kotawaringin Timur,1,kotim,1,koto tengah,1,koyang utara,1,Kuala Behe,6,Kuala kapuas,11,kuala lumpur,2,Kuala Pembuang,20,kualuh hulu,1,kubu raya,341,kudus,5,Kulim Bathinsolapan,2,Kuliner,3,kuningan,21,Kupang,12,Kutai Kartanegara,1,kutai timur,1,kutim,1,l,1,Lab. Wajo,1,labuhan bajo,3,labuhan batu,361,labuhan batu utara,3,Labuhan Deli,2,labuhan haji,5,Labura,46,Labusel,12,lagoi,1,lagon,2,laguboti,1,lamboya (NTT),1,lamongan,4,lampok(sumbawa barat),1,lampung,90,lampung barat,3,Lampung Selatan,30,Lampung Tengah,741,lampung timur,13,lampung utara,37,lampura,6,landak,32,landak(Kalbar),496,lando(Terara Lombok Timur),1,langkat,73,langsa,1,Lantamal V,807,lantamal x,244,Laut Natuna,1,lawang kidul,2,lebak,34,lembang,7,lemo morut,1,lesung batu,1,Lhokseumawe,10,Lhoksukon,3,Limapuluh Kota,12,LINGGA,525,LOBOK TIMUR,1,LOMBOK,2,lombok barat,37,lombok tengah,85,Lombok timur,520,lombok utara,3,los angeles,1,loteng,2,loteng(NTB),7,loteng),1,lubuk pakam,5,Lubuklinggau,91,Lumajang,40,Luwu,9,luwu timur,1,luwu utara,14,Luwuk Banggai,2,luwuk utara,1,Maddaremmeng,1,Madina,3,Madiun,8,madura,1,magelang,13,magetan,1,majale,1,Majalengka,1019,majene,72,Majengka,1,makassar,29,mako kodiklatal,1,malaka,1,malang,15,malang selatan,1,Maluku,3,maluku barat,1,maluku tengah,3,Maluku Utara,5,Mamberamo Raya,1,Mamberamo Tengah,1,Mamuju,28,mamuju tengah,6,Manado,13,mancanegara,1,mandailing natal,1,Mandau,4,Mandor,6,manduamas,1,Manemeng (Sumbawa Barat),4,manila,2,manokwari,19,marindal,1,maroko,2,Maros,83,mataram,11,mataram(ntb),30,mateng,1,med,1,Medan,1305,Melawi,10,MELAWI(KALBAR),198,meliau,1,Mempawah,53,Mengkopot,4,menjalin,38,merak,7,Merangin,1,meranti,11,Merauke,8,MESUJI,43,metro,1,metro lampung,3,MEULABOH,3,Minahasa,1,mojokerto,10,Montong Gading (Lombok Timur),2,Morowali,9,Morowali Utara,3,morut,4,muara,2,Muara Basung Pinggir,4,Muara Enim(Sumsel),82,muara medak,5,muara tami,1,muara teweh,10,muba,20,Muko Muko,27,mukomuko,80,mukoq,1,Muna barat,1,Muna(Sultra),1,munumai,1,mura(sumbawa barat),1,MURATARA,166,murung jaya,1,murung raya,2,musi banyuasin,44,musirawas,57,Nabire,1,nagan raya,3,Nanga Mahap,1,Nanga Pinoh,3,Nasional,40,Natuna(Kepri),39,nduga,4,New York,1,News,187,ngabang,2,Nganjuk,56,Ngawi,3,nias,1,nias selatan,7,NTB,36,nternasional,1,NTT,7,Nunukan,128,oku selatan,2,Oku Timur(Sumsel),17,Olahraga,1,opini,7,Otomotif,3,P.SUSU,23,Pacitan,1,padalarang,2,Padang,8,padang genting,1,padang pariaman,1,padangsidempuan,13,pagaralam,79,pakpak,1,Palangka raya,47,Palas,2,Palas (Lampung Selatan),3,palelawan,8,Palembang,49,palimanan,1,palopo,2,palu,12,Pamekasan,2,pancur batu,4,Pandeglang,485,Pangandaran,34,Pangkal Pinang,13,pangkalan brandan,1,pangkalan bun,2,Pangkep,2,panyabungan,1,Papua,106,papua barar,2,papua barat,13,papua selatan,3,papua tengah,6,parapat,5,Parepare,3,Parimo,10,Pariwisata,31,pasaman barat,2,pasangkayu,9,Pasuruan,5,pati,6,Payakumbuh,2,pegunungan bintang,1,pekalongan,47,Pekanbaru,390,pelalawan,2,Pemkab Bekasi,17,PemkaPelalawan,1,Pemkot Bekasi,1,PEN Sdm,1,Pendidikan,51,Pengumuman,8,peristiwa,75,pesawaran,6,pesisir barat,20,Pessel,2,Pidie,1,pidie jaya,2,Pilkada,6,pinggir,7,pinrang,14,polda kalbar,1,Polda Kalteng,3,Polewalimamdar,1,Polewalimandar,3,Polhukam,158,politik,13,Polman Sulbar,32,polres Pekalongan,248,polres Sekadau,525,Polsek Belitang,23,Polsek Belitang Hulu,3,polsek Sekadau,3,Polsek Sekadau Hilir,5,Polsek Sekadau Hulu,6,Ponorogo,5,Pontianak,186,pontianak(kalbar),1012,porsea,1,Poso,2,prabumulih,1,praya,3,pringsew,1,pringsewu,223,Probolinggo,3,prov. Aceh,1,Prov.Papua,1,pulang pisau,3,Pulau Berhala,1,puncak,1,puplis,1,Purwakarta,82,purwokerto,1,Purworejo,2,puspenerbal,1,putussibau,4,Pyongyang,1,q,1,rabat,2,rada,2,radar metro,914,ragam,5,rambah samo,2,ranai.,2,rancaekek,1,Randublatung,3,rantau rasau,1,Rasau Jaya,2,Regional,31,rejang lebong,3,Rembang,1,Rerkini,1,Riau,37,rimo,1,rkini,1,Rohil,5,ROHUL,8,rokan hilir,5,Rokan Hulu,683,rote ndao,31,rundeng,1,rupat,68,rupat utara,78,Sabas,1,saham,1,sakra barat,2,Sakra(Lombok Timur),4,Salatiga,2,samalanga,1,samarinda,10,sambas,127,samosir,3,sampang,164,sampit,7,sanana,47,sanggau,880,sangkar,1,satbrimob,1,Sebanga Pinggir,2,sebangki,12,sekadau,153,Sekadau Hilir,7,Sekadau Hulu,1,sekayam,16,sekayu,1,selayar,1,selebritis,8,selong,5,selopan,4,seluma,5,Seluma Utara,1,Semarang,38,Sengah Temila,4,sentani,1,seol,1,seputihbanyak,1,serang,173,serdang bedagai,65,sergai,6,siak,16,siak hulu,1,siantar,8,sibolga,4,sidas,2,sidikalang,2,Sidoarjo,26,sidrap,1,Sigi,23,silangit,1,Simalungun,499,simeule,1,singapura,1,singaraja,1,singkawang,110,singkil,9,singosari,2,Sinjai,1,sintang,142,situ lembang,1,situbondo,27,slawi,2,Sleman,5,solapan,1,solo,7,Solok,1,Solok selatan,1,sopeng,1,Soppeng,3,soreang,2,sorong,13,sorong selatan,18,sragen,41,stabat,27,subang,70,subulussalam,176,suka Makmue,1,Sukabumi,326,sukadana,4,sukoharjo,25,sukowono,1,Sulawesi Selatan,2,sulbar,5,sulsel,27,sULTENG,8,sultra,3,Sulut,3,Sumba Barat(NTT),8,sumbar,10,sumbawa,8,sumbawa barat,10,Sumedang,24,Sumenep,141,Sumsel,13,sumut,12,sungai kakap,6,SUNGAI RAYA,1,sunggal,1,Surabaya,96,surakarta,26,surakata,2,tabanan,4,takalar,3,talang muandau,3,Taliabu.,43,talisayan,38,taliwang(Sumbawa Barat),8,Taliyasan,4,tambang,1,tana tidung,4,Tana Toraja,6,tanah datar,1,tanah jawa,2,tandem hilir,1,tangerang,34,Tangerang Selatan,9,tanggamus,6,Tanjabtim,68,Tanjung agung,1,tanjung balai,2,tanjung batu,2,TANJUNG MEDANG,9,tanjung morawa,9,TANJUNG PINANG,3,tanjung pinang (Kepri),723,tanjung punak,5,tanjung selor,3,tanjung uban,26,TANJUNGPINANGKEPRI,1,tanjungsari,1,Tapanuli Selatan,1001,tapteng,2,tapung hilir,1,TAREMPA(KEPRI),2,Tasikmalaya,167,taulad,2,tayan hilir,1,tayan hulu,3,Te,1,teb,1,tebing tinggi,542,tebingtinggi,211,Technology,12,Teekini,4,tegal,18,Tekini,5,teluk kapuas,1,temajuk,4,temanggung,1,Ter,1,Terikini,1,Terindikasi,1,Terintegrasi,1,Terjini,1,Terk,1,TERKI,2,Terki i,4,Terkibi,1,Terkiji,2,Terkiki,1,Terkimi,2,Terkin,10,Terkini,35542,Terkinii,2,TERKINIM,3,Terkinj,1,Terkink,1,Terkino,7,Terkinu,2,Terkirni,1,Terkuni,1,Termini,4,Ternate,2,ternate selatan,1,Tertkini,1,Tetkini,4,tigaraksa,1,timika,9,toba,8,tokyo,1,tolikara,1,Tolitoli,12,toraja utara,68,trenggelek,8,Trkini,1,Trrkini,2,Tubaba,4,tubabar,1,tuban,1,tulang bawang,78,Tulang Bawang Barat,17,tulang bawang barat (lampung),9,Tulangbawang,18,tulungagung,1,Twrkini,1,ujung batu,2,virginia,1,Waibakul-NTT,1,Waikabubak(NTT),5,wakatobi,1,Walla Ndimu(NTT),3,wamena,1,Way Kanan,437,Wonogiri,6,Wonosobo,1,yalimo,2,Yogyakarta,26,
ltr
item
Radar Metro: LAPORAN BISA DIBAYAR UNTUK DI TUTUP
LAPORAN BISA DIBAYAR UNTUK DI TUTUP
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfrycKB_rXhB9rRINw0rmaLhIL5Q3c9i0iKntrcEmFUxL1mUf6vv8-1At7SjP8IzPAiEuttBXQLzPjCqCLScxR6sw8KSxHH-zs0N72KO0HJnPPdDyq2hmf5vYjJ9gsyZDFJN9vdY0Lqw3YO3jZhtCKmKnoK1w4FeooEM5D8VHjJ_qca3Xi6_Q3NKahuoI/s320/IMG-20240415-WA0036.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfrycKB_rXhB9rRINw0rmaLhIL5Q3c9i0iKntrcEmFUxL1mUf6vv8-1At7SjP8IzPAiEuttBXQLzPjCqCLScxR6sw8KSxHH-zs0N72KO0HJnPPdDyq2hmf5vYjJ9gsyZDFJN9vdY0Lqw3YO3jZhtCKmKnoK1w4FeooEM5D8VHjJ_qca3Xi6_Q3NKahuoI/s72-c/IMG-20240415-WA0036.jpg
Radar Metro
https://www.radarmetronews.com/2024/04/laporan-bisa-dibayar-untuk-di-tutup.html
https://www.radarmetronews.com/
https://www.radarmetronews.com/
https://www.radarmetronews.com/2024/04/laporan-bisa-dibayar-untuk-di-tutup.html
true
9158309300093259471
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy